8 Rahasia Menggunakan AC Agar Irit & Tahan Lama
8 Rahasia Menggunakan AC Agar Irit & Tahan Lama

8 Rahasia Menggunakan AC Agar Irit & Tahan Lama

banner

8 rahasia cara menggunakan AC agar lebih hemat listrik, AC tidak cepat rusak, dan berumur panjang yang belum kamu ketahui.

  1. Suhu 25℃ dari AC adalah suhu yang paling ideal, nyaman dan tidak menyebabkan sakit.
  2. Ketika udara terlalu panas dan lembab, ubah mode AC menjadi Dry.
  3. Arah mulut AC seharusnya ke atas.
  4. Tidur menyamping saat AC menyala.
  5. Buka AC dulu, baru tutup jendela.
  6. 3 jam setelah menyalakan AC, jendela sebaiknya dibuka.
  7. Kalau kamu hanya mau meninggalkan ruangan untuk beberapa saat, sebaiknya tidak usah matikan AC.
  8. Ketika masuk ruangan, jangan terburu-buru menyalakan AC.

1.Suhu 23-25℃ AC Adalah Suhu Ideal, Nyaman & Tidak Menyebabkan Sakit.

Meskipun tubuh manusia sudah dapat menyesuaikan suhu tubuh, tetapi kemampuan tersebut juga ada batasnya. Jika suhu luar dan suhu dalam ruangan berbeda terlalu jauh, kamu akan mudah jatuh sakit. Suhu 23-25℃ adalah ialah suhu dalam ruangan yang paling cocok, dan temperatur suhu 23-25℃ ini pun akan membuat AC-mu irit.

2. Ketika Udara Terlalu Panas dan Lembab, Ubahlah Mode AC Menjadi Dry

Ketika musim hujan, udara akan terasa lebih panas dan lembab, dan pada saat ini, kamu harus mengubah mode AC-mu dari Cool menjadi Dry. Mode Dry ini tidak hanya bisa menyerap udara lembab, tetapi juga dapat membantumu mengirit banyak biaya!

Saat kamu menyalakan mode Cool, kipas AC akan terus berputar cepat sampai suhu ruangan dingin, hal ini benar-benar suatu pemborosan listrik, tetapi ketika kamu menyalakan mode Dry, kipas AC akan berputar dengan lebih lambat dan stabil, sehingga listrik yang digunakan pun lebih irit.

3. Arah mulut AC seharusnya ke atas

Ketika menyalakan AC, aturlah arah mulut AC ke atas, hal ini akan membuat angin AC bisa lebih cepat memenuhi ruangan dan stabil.

4. Tidur Menyamping Saat AC Menyala

Tidur terlentang di bawah angin AC dapat menyebabkan mulut kering dan angin AC yang langsung tertiup ke tubuh sangat tidak baik untuk kesehatan. Seorang Dokter dari Taiwan mengatakan, sebaiknya tidur menyamping jika buka di nyalakan, hal ini akan mencegah kamu bernapas dengan membuka mulut dan aliran udara lebih stabil.

5. Nyalakan AC Dulu, Baru Kemudian Tutup Jendela.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika menyalakan AC adalah langkah-langkahnya: Kalau kamu masuk ruangan, nyalakan AC terlebih dahulu, baru kemudian tutup jendela. Tujuan dari menyalakan AC terlebih dahulu yaitu untuk membiarkan udara kotor dalam AC keluar terlebih dahulu, setelah AC menyala beberapa saat dan dirasa cukup, baru tutup jendela.

6. 3 jam Setelah Menyalakan AC, Pintu / Jendela Sebaiknya Dibuka.

Banyak sekali orang yang tidak tahu hal penting ini. Jika AC sudah menyala dalam ruangan tertutup selama 3 jam, udara di dalam sudah tidak akan segar lagi, dan apabila dalam 6 jam tidak ada pergantian udara, maka udara dalam ruangan tersebut telah terpapar polusi yang sangat berat. Polusi udara ini benar-benar dapat mempengaruhi kesehatan. Jika kamu sudah sering mengalami masalah pernapasan, seperti gejala flu, pusing karena suka berada dalam ruangan AC yang tertutup, maka kamu harus memperhatikan masalah ini. Jadi mulai sekarang, buka jendela atau pintu tiap 3 jam saat kamu berada di dalam ruangan ber-AC.

7. Kalau Kamu Hanya Mau Meninggalkan Ruangan Untuk Beberapa Saat, Sebaiknya Jangan Matikan AC.

Banyak sekali orang, karena ingin mengirit biaya, akhirnya mereka selalu mematikan AC saat berpergian sebentar, lalu menyalakan AC lagi ketika sudah sampai dirumah. Padahal cara ini justru membuat kamu lebih boros dan tidak baik untuk mesin AC. AC yang terlalu sering dibuka tutup (on/off) bisa membuat mesin "kelabakan" dan akibatnya rusak. Ketika kamu menyalakan AC, daya listrik yang dipakai mencapai 500-1000 watt, ini benar-benar membuatmu boros listrik! Jika kamu hanya berpergian dalam waktu singkat, contohnya 1 jam, lebih baik tidak usah mematikan AC, hal ini justru membuatmu lebih irit.


8. Ketika Masuk Ruangan, Jangan Langsung Menyalakan AC

Banyak sekali orang yang sekali masuk ruangan panas, pasti langsung menyalakan AC saat itu juga. Jika kamu masuk dari luar ruangan yang bersuhu tinggi, dan langsung menyalakan AC dengan suhu rendah, tubuhmu akan sulit beradaptasi dan akan membuat tekanan darahmu naik tinggi dalam sesaat. Hal ini tidak baik, khususnya bagi orang-orang yang memiliki riwayat jantung lemah. Saat memasuki ruangan, jangan terburu-buru menyalakan AC, tunggu sebentar sampai Suhu tubuhmu mulai menyesuaikan, baru nyalakan AC.

Itu dia beberapa rahasia cara menggunakan AC agar irit, awet, & tahan lama yang perlu kamu ketahui, sebab ini penting bagi kesehatan kamu dan keluarga. Jika kamu suka dengan artikel ini, jangan lupa LIKE & SHARE ya, dapatkan juga tulisan-tulisan menarik lainnya disini. Indahnya berbagi, semoga bermanfaat!
Advertisement banner

Baca juga:

banner