Aneka Desain Ventilasi Kamar Mandi Modern
Aneka Desain Ventilasi Kamar Mandi Modern

Aneka Desain Ventilasi Kamar Mandi Modern

banner
Ventilasi udara adalah bagian penting yang mesti diperhatikan saat kamu merancang hunian. Khususnya untuk kamar mandi yang menghasilkan uap air dengan suhu tinggi, ventilasi udara berfungsi untuk mengontrol dan melancarkan pola sirkulasi udara sehingga menambah kenyamanan kamu ketika melakukan aktivitas di kamar mandi. Tidak cuma mempunyai fungsi penting, baiknya kamu mempertimbangkan desain menarik pada sirkulasi udara di kamar mandi sehingga dapat dijadikan sebagai unsur dekoratif. Nah, khusus kamu yang saat ini sedang membangun kamar mandi atau berencana mendekor ulang suasana kamar mandimu, saya akan membagikan ide baru mengenai desain ventilasi kamar mandi melalui tulisan ini. Apa saja itu?

Ventilasi Kamar Mandi Loster


Kamu juga dapat memanfaatkan loster untuk dijadikan sebagai ventilasi kamar mandi. Loster mempunyai bentuk yang benar-benar unik dengan celah-celah bermotif dan berpola yang tentunya dapat menambah elemen dekoratif di kamar mandi.

Disini, kamu dapat memilih jenis, tipe, macam, bentuk dan motif loster untuk disesuaikan berdasar konsep hunian, termasuk memilih material loster yang umumnya terbuat dari kayu, semen sampai keramik.

Ventilasi Kamar Mandi Jalusi



Kamu juga dapat mengadopsi ventilasi kamar mandi model jalusi. Ventilasi alami yang satu ini dipasang pada jendela horizontal dan disusun pada kisi-kisi dengan celah sebagai jalur keluar masuk cahaya dan udara.

Sama halnya dengan jendela ventilasi, jalusi juga memungkinkan sinar yang masuk ke kamar mandi berjumlah banyak. Selain itu, struktur kisi pada ventilasi kamar mandi yang satu ini juga mampu memfilter udara kotor yang masuk ke dalam ruangan.

Ventilasi Kamar Mandi Jendela



Tipe ventilasi kamar mandi yang satu ini dipasang permanen dengan model jendela. Selain memungkinkan kamar mandi dapat dialiri udara alami, ventilasi seperti ini juga memberikan pencahayaan yang natural dalam jumlah yang banyak ke dalam kamar mandi sehingga pantas jika dipakai dalam hunian yang berada di kawasan tropis.

Dalam pemasangannya, pastikan jendela ventilasi kamar mandi mempunyai ukuran yang cocok dengan luas ruangan. Kamu juga dapat memasang boven dengan posisi saling berhadapan sehingga aliran udara dapat langsung keluar-masuk secara lancar dan tidak mengendap.

Ventilasi Kamar Mandi Skylight



Selain dipakai untuk sirkulasi cahaya, ventilasi kamar mandi skylight juga dapat mengendalikan pola sirkulasi udara secara menyeluruh. Ya, dengan pemasangan yang tepat dan pemakaian desain yang menarik, kamu dapat menerapkan ventilasi kamar mandi skylight yang pengendaliannya hanya tinggal membiarkannya tertutup atau terbuka.

Ventilasi Kamar Mandi dengan Exhaust



Selain menerapkan ventilasi kamar mandi alami, kamu juga dapat menambahkan ventilasi mekanis seperti exhaust. Ventilasi yang satu ini dilengkapi filter udara yang dipasang di atas plafon, dan terhubung dengan pusat aliran udara yang disimpan di loteng.

Adapun kebanyakan kamar mandi menerapkan exhaust model sirocco yang dilengkapi fitur penghisap seperti AC. Kalau budget anggaran tidak mencukupi maka kamu dapat memakai exhaust jenis baling-baling.

Dalam pemasangannya, pastikan kamu melihat bagian plafon dan atap yang setidaknya mempunyai jarak 1,5 meter. Sementara kalau mau memadukannya dengan jalusi, kamu dapat mengatur sirip pintu jalusi ke bagian atas sehingga hasilnya lebih maksimal.

Di luar fungsinya yang sangat penting tersebut, tentunya kamu harus memilih contoh ventilasi kamar mandi yang pantas dengan konsep hunian sehingga lebih selaras.
Advertisement banner

Baca juga:

banner